Jumlah komponen-komponen yang terdapat pada sistem
EFI bisa berbeda pada setiap jenis sepeda mesin. Semakin lengkap komponen
sistem EFI yang digunakan, tentu kerja sistem EFI akan lebih baik sehingga bisa
menghasilkan unjuk kerja mesin yang lebih optimal pula. Dengan semakin lengkapnya
komponen-komponen sistem EFI (misalnya sensor-sensor), maka pengaturan koreksi
yang diperlukan untuk mengatur perbandingan bahan bakar dan udara yang sesuai dengan
kondisi kerja mesin akan semakin sempurna.
Sistem injeksi yang diaplikasi pada Honda Supra
X125 PGM-FI masuk kategori D-Jetronic. Dimana jumlah semprotan bensin diukur
berdasarkan kevakuman di dalam intake manifold. Sensor yang mendeteksi
kevakuman disebut absolute manifold pressure (MAP). Pada tipe ini tidak
dilengkapi komponen penimbang udara masuk atau air flow meter.
Kelengkapan komponen injeksi disesuaikan
kebutuhan dari motor itu sendiri. Terkadang sensor-sensor atau komponen lainnya
memiliki perbedaan istilah atau nama meskipun memiliki persamaan fungsi.
Komponen-komponen fuel injection ini antara
lain :
1.
Sistem bahan bakar
Komponen
Supra X125 PGM-FI yang bertugas mengalirkan bensin dari tangki hingga mulut
injektor antara lain: tangki bensin (fuel tank), saringan bensin (fuel suction
filter), pompa bensin (fuel pump), pressure regulator, saluran balik bensin ke
tangki, pipa penyalur bensin (fuel feed hose) dan injektor (injector).
2.
Sistem induksi udara
Udara
yang dihisap masuk ke dalam silinder melewati bebera komponen untuk diukur
kevakumannya sebagai patokan jumlah bensin yang akan diinjeksikan. Selain itu
juga melewati komponen pendeteksi kondisi udara.
Komponen
sistem induksi udara pada Supra X125 PGM-FI meliputi: saringan udara, throttle
body, intake manifold dan silinder. Di dalam throttle body terdapat manifold
absolute pressure (MAP) sensor, intake air temperature (IAT) sensor dan katub
gas yang pergerakan sudutnya dideteksi oleh throttle position (TP) sensor.
3.
Sistem kontrol elektronik
Komponen
yang termasuk sistem kontrol elektronik yaitu seluruh sensor-sensor yang
mendeteksi beberapa kondisi mesin. Sensor yang terdapat pada Supra X125 PGM-FI
antara lain: MAP sensor, IAT sensor, TP sensor, engine oil temperature (EOT)
sensor, bank angle sensor (BAS) dan ignition pulse generator.
Gambar. Komponen sistem EFI pada sepeda mesin Honda Supra X 125 |
KELEBIHAN
:
1. Teknologi fuel injection mampu memberikan
volume bahan bakar secara akurat ke mesin sehingga mampu menghemat antara
10-15% bahan bakar. Sangat hemat bahan bakar. Penjelasan resmi honda mengenai
fuel injection bisa dibaca di sini.
2.
Sistem kontrol elektronik
Komponen
yang termasuk sistem kontrol elektronik yaitu seluruh sensor-sensor yang
mendeteksi beberapa kondisi mesin. Sensor yang terdapat pada Supra X125 PGM-FI
antara lain: MAP sensor, IAT sensor, TP sensor, engine oil temperature (EOT)
sensor, bank angle sensor (BAS) dan ignition pulse generator.
3. Banyaknya sensor elektronis pada technologi
fuel injection membuat bahan bakar terbakar lebih sempurna sehingga mengurangi
emisi gas buang.
4. Banyaknya sensor temperatur dan ketinggian
tanah elektronis pada technologi fuel injection mampu membuat campuran bahan bakar
dan udara lebih sempurna sehingga motor ini tak memerlukan choke.
5. Waktu perawatan lebih singkat (hanya 15
menit), karena proses perawatan karburator yang banyak makan waktu bisa
dilewati.
6. Proses perawatan fuel injection cukup
10.000-15.000km sekali. (Bandingkan dengan karburator yang 2000 km sekali)
7. Bank Angle Sensor (sensor kemiringan) membuat
motor ini mati jika berada di sudut 30 derajat (sudut terjatuh) sehingga bensin
tidak terus mengalir. Dengan demikian kebakaran dalam kecelakaan dapat dicegah.
8. Ketika mencapai kecepatan tertentu (diatas 30
km / jam), maka motor ini dapat menyusul kendaraan lain dengan mudah sekali,
walaupun kendaraan yang dituju sudah melaju jauh di depan. Saya jadi sering
tersenyum ketika ada motor dengan knalpot berisik ngajak balapan dengan start
lampu merah. Biarin aja dia duluan, pasti tak lama kemudian saya bisa
mengejarnya dengan mudah. (asal jangan diadu dengan motor racing aja, ngak fair
kan ?). Tenaga 125cc ini sangat terasa dalam perjalanan ke luar kota.
9. Gigi satu mampu
mencapai kecepatan yang lumayan.
KELEMAHAN
:
1. Dibandingkan dengan motor berkaburator (bukan
fuel injection), memang tenaga terasa agak kurang pada putaran rendah, tapi
ketika mencapai kecepatan tertentu (diatas 30 km / jam), maka motor ini dapat
menyusul kendaraan lain dengan mudah sekali, walaupun kendaraan yang dituju
sudah melaju jauh di depan. Kelemahan ini dapat dikompensasi dengan menambah
tekanan udara pada ban. Setingan tekanan udara ban berdasarkan seting pabrik
(29psi pada ban depan,33psi pada ban belakang) memang nyaman karena dapat
menyerap benturan dengan permukaan jalan yang tak rata secara lebih baik. Tapi
pasti akan mengurangi tenaga. Saya naikkan tekanan ban jadi 40psi dan saya
serahkan urusan kenyamanan pada shock breaker dan motor masih dapat digunakan
pada jalan batu secara nyaman.
2. Masih ada bengkel kelas pinggir jalan yang
tak memahami teknologi fuel injection. Tapi tak masalah. bengkel resmi AHASS
banyak bertebaran. Dan jika anda mudik lebaran, biasanya Honda menyediakan
pos-pos khusus honda. Menurut saya pribadi, dengan teknologi fuel-injection
maka jika terjadi kesalahan (error) pada system injection, pencarian kesalahan
dapat didapat dengan mudah melalui error-code.
3. Sistem ECU (Engine Control Unit) atau sering
disebut ECM (Electronic Control Module) pada sistem fuel injection banyak
bergantung pada kelistrikan. Karena itu jika anda bukan ahli modifikasi,
sedapat mungkin faktor kelistrikan sebisanya biarkan standard.
4. Sedapat mungkin bagian kelistrikan tidak
disemprot dengan air bertekanan tinggi seperti yang ada di tempat-tempat cuci
motor. Tekanan yang dikurangi atau Tekanan air dari ledeng masih Ok.
5. Denger-denger (walaupun saya belum pernah
membuktikan), harga motor injection memiliki harga jual kembali yang lebih
rendah dibanding dengan motor berkarburator. Tapi hal ini saya anggap sebagai
ketakutan dari orang-orang dan bengkel yang tidak mengerti teknologi fuel
injection. Kalaupun perbaikan sistem injection dinilai lebih mahal dari
perbaikan karburator, maka penghematan bahan bakar yang ternikmati selama ini
bisa menutupinya bukan ? Atau hal ini terjadi karena tujuan pembelian motor adalah
untuk dimodifikasi, sementara tabel fuel injection biasanya sulit dirubah,
kecuali oleh bengkel resmi pada tingkat tertentu.
Semoga
bisa bermanfaat.
Link
Situs :
1. PGM-FI.
like
BalasHapusJoss
BalasHapusJoss
BalasHapusJoss
BalasHapusmanipold carbu supra x helm in injection ada pa ga
BalasHapus