Busi (Spark Plug), mengeluarkan arus listrik tegangan
tinggi menjadi loncatan bunga api melalui elektrodanya. Loncatan bunga api
terjadi disebabkan adanya perbedaan tegangan diantara kedua kutup elektroda
busi (± 10.000
volt).
Karena busi bekerja dalam
ruang bakar yang mengalami tekanan tinggi, perubahan temperatur secara drastis
dari sangat panas ke dingin secara berulang-ulang, serta harus tahan getaran
yang keras maka busi dibuat dari bahan-bahan yang tahan terhadap hal-hal tersebut.
Jenis busi pada umumnya
diklasifikasikan menurut keadaan panas dan temperatur di dalam ruang bakar.
Secara umum, pembagian jenis busi adalah sebagai berikut :
a)
Busi
Dingin (Cold Type Spark Plug)
b)
Busi
Panas (Hot Type Spark plug)
Busi dingin adalah busi yang
mempunyai kemampuan untuk menyerap dan melepas/membuang panas dengan cepat
sekali. Busi dingin biasanya digunakan pada mesin yang temperatur kerja dalam
ruang bakarnya tinggi.
Busi panas adalah busi dengan
kemampuan menyerap dan melepas panas yang lambat. Jenis ini digunakan untuk
mesin yang temperatur kerja dalam ruang bakarnya rendah.
Diantara kedua jenis busi
tersebut terdapat satu jenis busi lagi, yaitu Busi Sedang (Medium Type Spark
Plug).
Sistem Kode Busi
Busi diberi kode dengan huruf
dan angka. Sistem kode yang digunakan berbeda-beda tergantung pabrik
pembuatnya. Berikut ini merupakan uraian sistem kode busi yang dibuat oleh NGK.
nice article.....
BalasHapuslanjutkan....