Selasa, 25 September 2012

PENGERTIAN SIKLUS MOTOR 4TAK

Motor 4 tak merupakan motor yang satu siklus kerjanya diperlukan 4 langkah gerakan piston atau 2 putaran engkol. Empat langkah piston tersebut adalah:
1.    Langkah Hisap
2.    Langkah Kompresi
3.    Langkah Usaha
4.    Langkah Buang

Siklus motor 4 tak ini ditemukan oleh seorang insiyur Jerman, yaitu Nikolas A. Otto pada tahun 1876, untuk mengenang jasanya maka motor 4 tak sering disebut motor Otto.

Proses kerja motor 4 tak tersebut adalah sebagai berikut:
1.  Langkah Hisap
Gambar 1. Langkah Hisap
 Piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) menuju TMB (Titik Mati Bawah). Posisi katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. Akibat gerakan piston volume didalam silinder membesar sehingga tekanan turun. Turunnya tekanan di dalam silinder menyebabkan adanya perbedaan tekanan diluar silinder dengan didalam silinder sehingga campuran bahan bakar terhisap masuk ke dalam silinder.

2.  Langkah Kompresi
Gambar 2. Langkah Kompresi
 Piston bergerak dari TMB menuju TMA. Posisi katup hisap  dan katup buang tertutup. Gerakan piston menyebabkan volume didalam silinder mengecil dan memampatkan/ mengkompresi campuran bahan bakar didalam silinder sehingga tekanan dan temperatur naik.

3.  Langkah Usaha
Gambar 3. Langkah Usaha
 Beberapa saat sebelum TMA, busi memercikkan api sehingga membakar campuran bahan bakar. Terbakarnya campuran bahan bakar menyebabkan temperatur dan tekanan didalam silinder naik. Tekanan mendorong piston dari TMA menuju TMB, melalui batang piston gaya tekan piston digunakan untuk memutar poros engkol, pada poros engkol digunakan untuk memutar beban.

4.  Langkah Buang
Gambar 4. Langkah Buang
 Piston bergerak dari TMB menuju TMA. Posisi katup hisap tertutup dan katup buang terbuka. Gerakan piston menyebabkan piston mendoron gas buang ke luar menuju knalpot melalui katup buang.


Setelah langkah buang maka motor melakukan langkah hisap, kompresi, usaha dan buang, demikian seterusnya sehingga selama ada proses pembakaran maka motor berputar terus.  

Secara keseluruhan siklus kerja motor 4 tak dapat digambarkan sebagai berikut:
Gambar 5. Siklus Kerja Motor 4Tak


6 komentar: